Lembar Observasi Kemampuan Melaksanakan Shalat
SMP Negeri 2 Susukan
Nama siswa : ..................................
Mata Pelajaran : Fiqh
Pokok Bahasan : Kemampuan Melaksanakan Shalat
Kelas/Semester : VII/I
Hari/Tanggal : ..................................
Standar Kompetensi : 2. Melaksanakan tatacara salat fardu dan sujud sahwi
Kompetensi Dasar : 2. 5 Mempraktikkan salat lima waktu dan sujud sahwi
Indikator : Siswa mampu melaksanan sholat mulai dari aspek afeksi, kepribadian, hingga kognitif
No. | Aspek-aspek yang diobservasi | Skala Nilai | Keterangan | ||||
A | B | C | D | E | |||
1. | Gerakan-gerakan Sholat (Ketrampilan): | ||||||
a. Takbiratul Ihram | |||||||
b. Rukuk | |||||||
c. Sujud | |||||||
d. Tahiyat Awal | |||||||
e. Tahiyat Akhir | |||||||
f. Salam | |||||||
2. | Bacaan Sholat (Kognitif): | ||||||
a. Surat al-Fatihah | |||||||
b. Surat-surat Pendek | |||||||
c. Bacaan rukuk | |||||||
d. Bacaan sujud | |||||||
e. Bacaan Tahiyat | |||||||
f. Bacaan Salam | |||||||
3. | Sikap (Afektif) | ||||||
a. Berpakaian rapi (suci) | |||||||
b.Berzikir dan berdoa’a sesudah sholat | |||||||
c. Memfosukan niat shalat hanya untuk Allah | |||||||
d.Khusu’ dan tuma’ninah (tidak bergurau) |
Kesimpulan : .........................................................
Catatan Guru : .........................................................
Saran : .........................................................
Keteranga Skala Nilai:
A : Menguasai Dengan Baik
A : Menguasai Dengan Baik
B : Menguasai
C : Cukup Menguasai
D : Kurang Menguasai
Observi Observer/guru
(...........................) (Mohammad Ainur Rofiq)
No comments:
Post a Comment