Lembar Observasi Kemampuan Membaca al-Quran
SMP Negeri 2 Susukan
Nama siswa : ..................................
Mata Pelajaran : Ekstrakurikuler Baca Tulis al-Quran
Pokok Bahasan : Kemampuan Membaca al-Qur’an
Kelas/Semester : VII/I
Hari/Tanggal : ..................................
Indikator : Siswa mampu membaca al-quran dari aspek afeksi, kepribadian, dan kognitif
| No. | Aspek Penilaian | Skor Maksimal | Perolehan |
| A. | Sikap (Afektif) | .................. | |
| 1. Tampil bersih telah berwudhu | 10 | .................. | |
| 2. Tertib berpakain/tertutup aurat | 10 | .................. | |
| 3. Cara memegang/memerlakukan kitab suci saat membaca | 10 | .................. | |
| 4. Tidak terburu-buru saat membaca | 10 | .................. | |
| 5. Pososi duduk/tubuh saat membaca | 10 | .................. | |
| B. | Proses/keterampilan (psikomotorik) | .................. | |
| 1. Kelancaran membaca (makhroj/fasih) | 25 | .................. | |
| 2. Kebenaran membaca (tajwid) | 20 | .................. | |
| 3. Nada/irama (estetika) | 10 | .................. | |
| C. | Pengetahuan (Kognitif) | .................. | |
| 1. Arti/terjemahan perkata | 10 | .................. | |
| 2. Penjelasan isi kandungan (tema) | 5 | .................. | |
| Jumlah | .................. | ||
Catatan Guru: .................................................................................................
Pedoman skor akhir:
Nilai < 50 = Kurang baik
Nilai 50 – 75 = Cukup baik
Nilai 75 – 100 = Baik
Nilai 100 - 120 = Sangat Baik
Observer/guru
(Mohammad Ainur Rofiq)
No comments:
Post a Comment